Rabu, 17 Mei 2017

                                  Pengertian atau definisi hasad / dengki

Definisi dari hasad adalah suatu sikap seseorang yang tidak senang terhadap orang yang memperoleh keberuntungan, kenikmatan atau karunia dari Allah swt. Hasad atau dengki ini dapat timbul biasanya diawali dengan suatu permasalah atau permusuhan yang menyebabkan terjadinya persaingan untuk saling menjatuhkan dan ingin lebih dari orang lain.

Hasad timbul di hari seseorang apabila ia merasa tidak senang terhadap keberhasilan orang lain. Penyakit hati hasad atau dengki ini harus kita jauhi, karena perilaku hasad ini tidak disukai oleh Allah swt. Perilaku hasad bisa juga diawali dengan sikap yang mengganggap dirinya paling hebat dan paling berhak mendapatkan sesuatu, sehingga apabila ada orang lain yang mendapatkan seperti yang diinginkan, maka ia tidak suka/tidak senang karena merasa disaingi.

Jadi, pada dasarnya hasad ini juga berasal dari sikap takabur atau sombong, yang sangat dibenci oleh Allah swt. Sombong merupakan suatu perilaku yang tidak pantas kita lakukan, karena sebenarnya kita tidak memiliki apa-apa, semua itu adalah karunia dari Allah swt. Terkait dengan perilaku hasad atau dengki ini, Nabi Muhamaad saw bersabda :

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah saw bersabda : "jauhkanlah dirimu dari sifat hasad karena sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan, ibarat api yang membakar kayu" (H.R. Abu Daud).
Dari hadits diatas dapat kita ambil maknanya, bahwa hasad atau dengki ini dapat menggugurkan atau menghanguskan amalan kebaikan yang telah kita lakukan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Ragam Keislaman - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -